Welcome

Kamis, 04 November 2010

Pengertian Cloud Computing (Komputasi Awan)

“Cloud Computing” secara sederhana dapat didefinisikan adalah “layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet atau bias juga “. Kata-kata “Cloud” sendiri merujuk kepada simbol awan yang di dunia TI digunakan untuk menggambarkan jaringan internet (internet cloud). Namun tidak semua layanan yang ada di internet bisa dikategorikan sebagai Cloud Computing,
Contoh cloud computing misalnya: Amazon EC2, SalesForce.com, Google App Engine, Yahoo! , dll.
Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com, Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll.
Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet.



http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQXRW3eRaf5bdk8QmT3AQaV7wgqjj2Z9ytVeyBkJ_nN7zAAw-8&t=1&usg=__Bz9ZbE_-ozddpPeTUDI8DPynNoc=

ada setidaknya beberapa syarat yang harus dipenuhi :
1. Layanan bersifat “On Demand”, pengguna dapat berlangganan hanya yang dia butuhkan saja, dan membayar hanya untuk yang mereka gunakan saja. Misalkan sebuah sebuah internet service provider menyediakan 5 macam pilihan atau paket-paket internet dan user hanya  mengambil 1 paket internet maka user hanya membayar paket yang diambil saja.
2. Layanan bersifat elastis/scalable, di mana pengguna bisa menambah atau mengurangi jenis dan kapasitas layanan yang dia inginkan kapan saja dan sistem selalu bisa mengakomodasi perubahan tersebut. Misalkan user berlangganan internet pada yang bandwitchnya 512Kb/s lalu ingin menambahkan kecepatannya menjadi 512Kb/s kemudian user menelpon costumer service meminta untuk penambahan bandwitch lalu customer service merespon dengan mengubah bandwitc menjadi 1Mb/s.
3. Layanan sepenuhnya dikelola oleh penyedia/provider, yang dibutuhkan oleh pengguna hanyalah komputer personal/notebook ditambah koneksi internet.
Dari sisi jenis layanan tersendiri, Cloud Computing, terbagi dalam 3 jenis layanan, yaitu : Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS).
  • Software as a Service yaitu SaaS ini merupakan layanan Cloud Computing yang paling dahulu populer. Software as a Service ini merupakan evolusi lebih lanjut dari konsep ASP (Application Service Provider). Sesuai namanya, SaaS memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bisa memanfaatkan sumberdaya perangkat lunak dengan cara berlangganan. Sehingga tidak perlu mengeluarkan investasi baik untuk in house development ataupun pembelian lisensi. Dengan cara berlangganan via web, pengguna dapat langsung menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh penyedia layanan. Hanya saja dengan konsep SaaS ini, pelanggan tidak memiliki kendali penuh atas aplikasi yang mereka sewa. Hanya fitur-fitur aplikasi yang telah disediakan oleh penyedia saja yang dapat disewa oleh pelanggan. Dan karena arsitektur aplikasi SaaS yang bersifat multi tenant, memaksa penyedia untuk hanya menyediakan fitur yang bersifat umum, tidak spesifik terhadap kebutuhan pengguna tertentu. Meskipun demikian, kustomisasi tidak serta-merta diharamkan, meskipun hanya untuk skala dan fungsi yang terbatas. Tapi dengan berkembangnya pasar dan kemajuan teknologi pemrograman, keterbatasan-keterbatasan itu pasti akan berkurang dalam waktu tidak terlalu lama. Untuk contoh layanan SaaS, tentu saja kita harus menyebut layanan CRM online Salesforce.com–yang dikomandai Marc Benioff dan telah menjadi ikon SaaS ini. Selain itu Zoho.com, dengan harga yang sangat terjangkau, menyediakan layanan SaaS yang cukup beragam, dari mulai layanan word processor seperti Google Docs, project management, hingga invoicing online. Layanan akunting online pun tersedia, seperti yang diberikan oleh Xero.com dan masih banyak lagi. IBM dengan Lotuslive.com nya dapat dijadikan contoh untuk layanan SaaS di area kolaborasi/unified communication. Sayangnya untuk pasar dalam negeri sendiri, seperti sudah saya sampaikan dalam tulisan terdahulu, masih sangat sedikit yang mau berinvestasi untuk menyediakan layanan SaaS ini.
  • Platform as a Service (PaaS) yaitu Seperti namanya, PaaS adalah layanan yang menyediakan modul-modul siap pakai yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi, yang tentu saja hanya bisa berjalan diatas platform tersebut. Seperti juga layanan SaaS, pengguna PaaS tidak memiliki kendali terhadap sumber daya komputasi dasar seperti memory, media penyimpanan, processing power dan lain-lain, yang semuanya diatur oleh provider layanan ini. Pionir di area ini adalah Google AppEngine, yang menyediakan berbagai tools untuk mengembangkan aplikasi di atas platform Google, dengan menggunakan bahasa pemrograman Phyton dan Django. Kemudian Salesforce juga menyediakan layanan PaaS melalui Force.com, menyediakan modul-modul untuk mengembangkan aplikasi diatas platform Salesforce yang menggunakan bahasa Apex. Dan mungkin yang jarang sekali kita ketahui, bahwa Facebook juga bisa dianggap menyediakan layanan PaaS, yang memungkinkan kita untuk membuat aplikasi diatasnya.
  • Infrastructure as a Service (IaaS) yaitu IaaS terletak satu level lebih rendah dibanding PaaS. Ini adalah sebuah layanan yang “menyewakan” sumberdaya teknologi informasi dasar, yang meliputi media penyimpanan, processing power, memory, sistem operasi, kapasitas jaringan dan lain-lain, yang dapat digunakan oleh penyewa untuk menjalankan aplikasi yang dimilikinya. Model bisnisnya mirip dengan penyedia data center yang menyewakan ruangan untuk co-location, tapi ini lebih ke level mikronya. Penyewa tidak perlu tahu, dengan mesin apa dan bagaimana caranya penyedia layanan menyediakan layanan IaaS. Yang penting, permintaan mereka atas sumberdaya dasar teknologi informasi itu dapat dipenuhi. Perbedaan mendasar dengan layanan data center saat ini adalah IaaS memungkinkan pelanggan melakukan penambahan/pengurangan kapasitas secara fleksibel dan otomatis. Salah satu pionir dalam penyediaan IaaS ini adalah Amazon.com yang meluncurkan Amazon EC2 (Elastic Computing Cloud). Layanan Amazon EC2 ini menyediakan berbagai pilihan persewaan mulai CPU, media penyimpanan, dilengkapi dengan sistem operasi dan juga platform pengembangan aplikasi yang bisa disewa dengan perhitungan jam-jaman. Untuk di dalam negeri sendiri, rencananya ada beberapa provider yang akan menyediakan layanan sejenis mulai pertengahan tahun ini. sedangkan untuk  jangkauan layanan, terbagi menjadi 3 yaitu Public Cloud, Private Cloud dan Hybrid Cloud.
  1. Public Cloud  Sesederhana namanya, jenis cloud ini diperuntukkan untuk umum oleh penyedia layanannya. Layanan-layanan yang sudah saya sebutkan sebelumnya dapat dijadikan contoh dari public cloud in
  2. Private Cloud Di mana sebuah infrastruktur layanan cloud, dioperasikan hanya untuk sebuah organisasi tertentu. Infrastruktur cloud itu bisa saja dikelola oleh si organisasi itu atau oleh pihak ketiga. Lokasinya pun bisa on-site ataupun off-site. Biasanya organisasi dengan skala besar saja yang mampu memiliki/mengelola private cloud ini.
  3. Hybrid Cloud Untuk jenis ini, infrastruktur cloud yang tersedia merupakan komposisi dari dua atau lebih infrastruktur cloud (private, community, atau public). Di mana meskipun secara entitas mereka tetap berdiri sendiri-sendiri, tapi dihubungkan oleh suatu teknologi/mekanisme yang memungkinkan portabilitas data dan aplikasi antar cloud itu. Misalnya, mekanisme load balancing yang antarcloud, sehingga alokasi sumberdaya bisa dipertahankan pada level yang optimal. Demikian sedikit penjelasan dari model-model cloud yang disarikan dari NIST. Namun seperti diakui oleh lembaga ini, definisi dan batasan dari Cloud Computing sendiri masih mencari bentuk dan standarnya. Di mana nanti pasarlah yang akan menentukan model mana yang akan bertahan dan model mana yang akan mati. Namun semua sepakat bahwa cloud computing akan menjadi masa depan dari dunia komputasi. Bahkan lembaga riset bergengsi Gartner Group juga telah menyatakan bahwa Cloud Computing adalah wacana yang tidak boleh dilewatkan oleh seluruh pemangku kepentingan di dunia TI, mulai saat ini dan dalam beberapa waktu mendatang.
Cloud Computing adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan kita “menyewa” sumber daya teknologi informasi (software, processing power, storage, dan lainnya) melalui internet dan memanfaatkan sesuai kebutuhan kita dan membayar yang digunakan oleh kita saja. Dengan konsep ini, maka semakin banyak orang yang bisa memiliki akses dan memanfaatkan sumber daya tersebut, karena tidak harus melakukan investasi besar-besaran. Apalagi dalam kondisi ekonomi seperti sekarang, setiap organisasi akan berpikir panjang untuk mengeluarkan investasi tambahan di sisi TI. Terlebih hanya untuk mendapatkan layanan-layanan yang mungkin hanya dibutuhkansewaktu-waktusaja.


Aku tidak tahu bahkan setelah secara menyeluruh marah atau Cherish itu, "cloud computing" istilah ke tingkat juga, dan tak terduga sebagai awan di langit, "cloud computing" tampaknya kita tidak pasti. artikel terbaru tentang hype komputasi awan, semua orang dapat mengatakan beberapa kata tentang definisi komputasi awan, tapi tidak ada yang jelas bisa menjelaskan sebagian dari apa yang awan.

Apa itu cloud computing
Sebagai layanan komputasi awan saat ini disediakan ada beberapa vendor, seperti Amazon, Google, Salesforce, Microsoft, dll, yang disediakan oleh berbagai pola awan tidak sama, seperti Amazon.com, Sun, IBM adalah melalui server, penyimpanan, dll hardware ke dalam sebuah pusat data virtual bagi seluruh jaringan pelanggan, Salesforce adalah proses melalui browser pengguna Ji saham, dll Begitu juga memiliki kompleksitas definisi komputasi awan, saya percaya bahwa model komputasi yang dikenal sebagai awan awan awan atau jasa yang lebih tepat.

Aku tidak terampil di luar dunia, kecuali industri cukup kontroversial bagaimana kosa kata tidak dapat memberikan definisi yang jelas. Di sini untuk waktu yang dikutip kata-kata pendahulu mereka, "adalah prinsip-prinsip dasar komputasi awan perhitungan distribusi dengan membuat sejumlah besar komputer terdistribusi, daripada komputer lokal atau server remote, perusahaan pusat data berjalan lebih seperti Internet. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk beralih ke aplikasi kebutuhan sumber daya, sesuai dengan permintaan akses ke komputer dan sistem penyimpanan "Pernyataan ini. tampaknya tidak terlalu inovatif, namun kita perlu menikmati. Cloud computing adalah inti dari sumber daya komputasi dan fasilitas diselesaikan di tempat yang berbeda, namun satu-satunya perangkat layar dan perangkat operasi. Sebagai contoh, kita hanya perlu satu monitor dan mouse, Anda dapat bekerja dengan baik. Mungkin sehingga Anda dapat dengan mudah memahami apa yang a. komputasi awan

Manfaat komputasi awan
Definisi komputasi awan tidak lagi penting, apa itu baik untuk kita.

Keuntungan terbesar dari komputasi awan yang kami sediakan sumber daya hampir tak terbatas dalam jaringan yang akhir, polimerisasi luas sumber alam dunia, selama ada jaringan, kita bisa semua penjuru dunia kapan saja, di mana saja akses ke sumber daya. Melalui terminal kita sendiri dalam hal apapun, mencapai hasil.

Kedua, untuk meningkatkan keamanan komputasi awan, penyimpanan data dalam data untuk mempertahankan data perusahaan pusat profesional, karena kita tidak lagi memiliki virus, sistem tidak aman dan sangat terpukul. Itu bukan tidak lagi memiliki administrator jaringan perusahaan untuk posisi ini keluar?

Ketiga, tidak sering melakukan penggantian peralatan, karena kebutuhan komputasi awan perangkat terminal sangat rendah. Komputasi awan pembangunan ke tahap dewasa, perangkat yang berbeda dapat mencapai berbagi data dan aplikasi, kedengarannya sangat baik.

Cloud masalah komputasi

1. akses untuk terus dalam tangan orang lain
Model komputasi Cloud sepenuhnya data yang disimpan dalam Tigong vendor layanan pada peralatan awan yang berarti bahwa data Anda adalah akses tertinggi Quanxian awan 服务 penyedia, bukan hasil usahamu, tetapi pada tantangan keamanan informasi.

2. Kepatuhan
Dalam "Sarbanes - Oxley Act," kekuatan era, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk menerapkan tingkat data pemantauan yang ketat dan pengarsipan. Bahkan sebuah perusahaan dengan penyedia layanan komputasi awan eksternal menandatangani kontrak, peraturan ini masih memerlukan perusahaan yang bertanggung jawab. penyedia layanan komputasi Cloud harus menyerahkan audit dan sertifikat keamanan, untuk memastikan bahwa pihak lain untuk memenuhi komitmen kontrak.

3. data lokasi
Dengan model komputasi awan, data Anda akan ditempatkan di seluruh dunia, mungkin Beijing, New York atau London, mungkin berlaku dalam tiga tempat pada saat yang sama, Anda harus memastikan bahwa penyedia layanan awan, mereka bersedia memberikan komitmen kontrak , sesuai dengan beberapa undang-undang privasi?

4. data isolasi
Tentu saja, awan komputasi yang menggunakan SSL untuk melindungi pengiriman data, tapi ketika perusahaan Anda data pada perangkat penyimpanan dapat berbagi data dengan perusahaan lain kotak "safe-deposit virtual." data perusahaan Anda dan data lain melalui isolasi yang tepat itu?

Penyedia dapat bermegah tentang bagaimana enkripsi kuat Anda, keamanan. Anda akan mendengar berapa lama panjang kunci, dengan algoritma enkripsi yang mendalam. Namun, jika data selular Anda dapat dibaca, Anda tidak bisa berpikir begitu: data akan dibaca oleh orang lain.

5. kegunaan
Secara teori, jika Anda menggunakan operator awan komputasi layanan, tidak perlu khawatir tentang data mereka akan hilang - ini penyedia mekanisme mudah untuk menyalin berlebihan data Anda ke banyak tempat, sehingga jika sistem crash, Anda masih bisa duduk bersantai .

Tapi karyawan Anda dapat mengakses setiap waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian data? Sebagai contoh, jika pipa virtual yang diblokir apa yang akan terjadi? Jika ada kegagalan sendiri penyedia internal Anda tidak dapat mengakses data penting mereka, apa yang akan terjadi?

6. pemulihan bencana
Harapan bahwa yang terburuk tidak akan pernah terjadi; setiap bencana besar tidak akan terjadi pada Anda, operator Anda atau kepala dunia. Tapi operator Anda harus mempersiapkan diri dengan baik untuk ini. Namun, operator Anda memiliki kemampuan untuk sepenuhnya mengembalikannya Waktu yang dibutuhkan? Untuk menyelesaikan pemulihan penuh?

7. investigasi dukungan
Survei dilakukan dalam hukum tidak selalu mudah, karena memerlukan inventarisasi lokasi fisik dan lokasi yang tersebar dari sejumlah besar dokumen virtual. Jika Anda menggunakan penyedia layanan komputasi awan, maka seperti investigasi lebih sulit: banyak pelanggan mengumpulkan data tersebut dapat menyebar di tempat serangkaian data center terus berubah.

8. viabilitas
awan penyedia layanan Anda akan diperoleh Atau bahkan lebih buruk?, bangkrut? Jika ya, berapa lama diperlukan sisi lain data dikembalikan kepada Anda, tetapi dalam format sehingga Anda dapat mengimpor ke penyedia infrastruktur lain pada?

9. dukungan dalam hal mengurangi risiko
karyawan Anda untuk mulai menggunakan pihak luar, ia akan pergi melalui proses belajar. Antarmuka penyedia lebih mudah dengan mereka Penyedia? Membantu manajemen untuk menetapkan kebijakan monitor anda? Apakah mengambil langkah-langkah untuk menjaga terhadap perangkat lunak berbahaya dan phishing?

Cloud komputasi masih jauh dari kami
Sementara bisnis terus-menerus menghitung manfaat Xuanzhuan Yun, tetapi definisi komputasi awan awan dan model layanan belum jelas di mana, awan aplikasi komputasi memiliki banyak keterbatasan, komputasi awan belum berlaku untuk data yang tepat memerlukan aplikasi penting, HP Chief Technology Officer Russ Daniels memperingatkan bahwa awan sesuai dengan kondisi saat ini tidak cocok untuk menjalankan SAP dan aplikasi perusahaan lainnya, terutama disebabkan oleh akurasi kurang dari data yang jauh lebih baik dan kebutuhan untuk mendesain ulang aplikasi untuk mendukung komputasi awan.

Hampir krisis ekonomi memiliki semua berdampak pada industri, industri TI tidak terkecuali, IDC mengatakan dalam sebuah laporan kepada krisis ekonomi global telah membawa fajar komputasi awan, IDC berkata, "model awan menyediakan bisnis dengan akses dan penggunaan IT, TI metode yang lebih ekonomis, terutama dalam kasus resesi ekonomi ini sangat penting untuk UKM,. tapi UKM juga Zhengshi apapun ekonomi Huifu utama tujuan "Saya pikir ramalan itu terlalu optimis, aplikasi komputasi awan saat ini. model masih relatif sederhana dan belum matang, dan masing-masing model layanan vendor tidak sama, tidak ada standar industri, yang menghambat perkembangan komputasi awan awan dan model komputasi bisnis dalam tahap eksplorasi, perusahaan mengadopsi komputasi awan terdapat terlalu banyak kekhawatiran, dan usaha kecil dan menengah tidak memiliki segera digunakan kebutuhan komputasi awan.

Saya pikir itu adalah fase didaktik komputasi awan, awan cloud computing konsep komputasi menikmati dukungan rakyat merupakan proses yang diperlukan sebelum universal, penulis memprediksi bahwa komputasi awan untuk menunggu setidaknya ini putaran gejolak keuangan mereda, pembangunan hanya skala besar!

Katakata Cloud Sendiri Merujuk Kepada Simbol Awan Yang Di Dunia TI Digunakan Untuk Menggambarkan Jaringan Internet Internet Cloud Namun Tidak Semua Layanan Yang Ada Di Internet Bisa Dikategorikan Sebagai Cloud Computing from juragansopwer.com 

Tedielunoblogspot Mengenal Cloud Computing Komputasi Awan

Kolom Cloud Computing yang Dalam Bahasa Indonesia Diterjemahkan Menjadi Komputasi Awan beberapa Tahun Terakhir Ini Telah Menjadi Buzzword Terpanas Di Dunia Teknologi Informasi TI Seluruh Nama Besar Seperti IBM Microsoft Google Dan Apple Dengan Mengetikkan Kata Kunci Cloud Computing Definition Di Search Engine Atau Wikipedia Dalam Sekejap Ratusan Definisi Tentang Cloud Computing Akan Muncul Dari Mulai Yang Sangat Teknis Sampai Yang Sangat Simplistis from blogspot.com

TAVA Computer

Cloud Computing Komputasi Awan Beberapa Tahun Terakhir Ini Telah Menjadi Buzzword Terpanas Di Dunia Teknologi Informasi TI Seluruh Nama Besar Seperti IBM Microsoft Google Dan Apple Saat Ini Sedang Terlibat Dalam Peperangan Namun Bisa Dibilang Keberhasilan Salesforcecomlah Yang Membuka Mata Dunia Bahwa Cloud Computing Menjanjikan Pundipundi Emas Yang Menggiurkan Definisi Cloud Computing Yang Dimaksud Dengan Cloud Computing Secara Sederhana Adalah from 5rcrb.co.cc

BAGUSLABS SERVICE HP FOR U Mengenal Cloud Computing

Namun Microsoft Memiliki Definisi Yang Lebih Jauh Lagi Perihal Cloud Computing Tersebut Banyak Orang Mungkin Belum Paham Bahwa Microsoft Benarbenar Serius Bergerak Menuju Ke Arah Layanan Cloud Microsoft Memiliki Strategi Untuk Aplikasi Platform Efisiensi Sumber Daya Manusia Ya Untuk Itulah Komputasi Awan Ini Hadir Karena Cloud Computing Memungkinkan Sebuah Perusahaan Untuk Menurunkan Biaya Meningkatkan Efisiensi Dan Memasuki Tipe Baru Bisnis IT from blogspot.com

Computer Cloud

Beberapa Pihak Melihat Komputasi Awan Atau Biasa Disebut Cloud Computing Semakin Populer Dan Menjadi Kebutuhan Namun Microsoft Memiliki Definisi Yang Lebih Jauh Lagi Perihal Cloud Computing Tersebut Banyak Orang Mungkin Belum Paham Bahwa Microsoft Benarbenar Serius Bergerak Menuju Ke Arah Layanan Cloud Microsoft Memiliki Strategi Untuk Aplikasi Platform Bisnis Infrastruktur Untuk Semua Pelanggan Konsumer Maupun Perusahaan Microsoft Melakukannya Dengan Sangat from duniacyber.com

Cloud Computing UCHAN

Well Secara Etimologi Cloud Berarti Awan Dan Computing Berarti Komputasi Awan Di Sini Maksudnya Di Atas Awangawang Dalam Artian Metafora Dari Istilah Internet Cloud Computing Merupakan Proses Komputasi Yang Memanfaatkan Internet Sebagai Definisi Dari Wikipedia Cloud Computing Is Internetbased Computing Whereby Shared Resources Software And Information Are Provided To Computers And Other Devices On Demand Like The Electricity Grid Mechanism from utchanovsky.com

Computer Cloud

Beberapa Pihak Melihat Komputasi Awan Atau Biasa Disebut Cloud Computing Semakin Populer Dan Menjadi Kebutuhan from duniacyber.com

BAGUSLABS SERVICE HP FOR U Mengenal Cloud Computing

Sifat Jangkauan Solusi Microsoft Ini Mencakup Public Cloud Private Cloud Dan Hybrid Cloud Public Cloud Public Cloud Menggambarkan Komputasi Awan Dalam Pengertian Umum Yang Tradisional Dimana Sumber Daya Secara Dinamis Ditetapkan from blogspot.com

Annisa Iqlima PTSI C

Apa Sebenarnya Cloud Computing Itu Komputasi Awan Merupakan Istilah Bagi Dunia TI Yang Sistemnya Hanya Disewa Maksudnya Dalam Menerapkan Teknologi Ini Pelanggan Diharuskan Untuk Menyewa Beberapa Komponen Kerja Di TI Seperti Server Definisi Cloud Computing Cloud Computing Pada Dasarnya Adalah Menggunakan Internetbased Service Untuk Mensupport Business Process Katakata Cloud Sendiri Merujuk Kepada Simbol Awan Yang Di Dunia TI Digunakan Untuk Menggambarkan from blogspot.com

Komputasi Awan Cloud Komputasi Cungkringcom

Jadi Ringkasnya Cloud Computing Adalah Kegiatan Komputasi Berbasis Internet Penerapan Apa Yah Implikasi Atau Penerapannya Dalam Kehidupan Seharihari Implikasi Dari Komputasi Awan Ini Boleh Dikatakan Sudah Sangat Luas Dan Besar from

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar