Welcome

Sabtu, 06 November 2010

Pengertian Pemrograman Pascal

Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth seorang anggota Internatiobal Federation of Information Processing (IFIP) di Zurich pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an. Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga sering digunakan sebagai sarana awal untuk mempelajari teknik pemrograman komputer. Versi bahasa Pascal yang banyak dipakai adalah Turbo Pascal buatan Borland International yang bekerja di lingkungan sistem operasi DOS. Belakangan, Pascal juga dikembangkan sebagai bahasa pemrograman visual di lingkungan sistem operasi Windows dengan nama Delphi. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Balise Pascal, yang pertama kali sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.

Kelebihan :
Kelebihan dari Bahasa Pemrograman Pascal adalah :
- Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakkan bahasa pemrograman. Pascal memilikitipe data standar : boolean, integer, real, char, string,
- User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
- Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan   variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
- Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
- Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (Bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
- Bahasa Pascal juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). selain itu Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).

Kekurangan:
- jika ingin membuat sebuah tulisan yang tampil di layar namun mengandung karakter tanda petik satu (‘), pascal tidak bisa meng-compile nya. Hal ini dikarenakan pascal dalam mengeluarkan inputan string dari keyboard harus diapit oleh tanda petik satu tadi. Contoh:
Write(‘Aldindha Octa Airlangga’);
maka di layar akan ditampilkan tulisan: Aldindha Octa Airlangga
jika kita menulis kalimat Aldindha ‘Octa’ Airlangga, maka kita tidak bisa menggunakan sintaks: write(‘Aldindha ‘Octa’ Airlangga’);
Hal ini dikarenakan tanda petik satu dianggap pembatas string yang ingin ditampilkan.
- Jika menggunakan pascal dalam membuat game, maka dipastikan sang programmer pusing. Karena pascal masih menggunakan sistem DOS (layarnya blank total). Sebagai contoh jika kita ingin membuat sebuah garis persegi panjang kita harus menggunakan sintaks untuk menempatkan koordinat untuk titik dan melakukan perulangan dalam membuat garis. Coba bayangkan jika programmer ingin membuat game kapal perang dan harus menampilkan beberapa kapal dalam layar dan bergerak? Dipastikan programmer akan pusing dan butuh sintaks yang panjang.
- Dalam pascal sebuah program yang memiliki baris source code lebih dari 3000 baris, pascal tidak mampu meng-compilenya. Karena dalam pascal baris source code hanya dibatasi sekitar 2000 baris. Contoh: Teman saya menggunakan 2000 baris kode dalam membuat sebuah game untuk tugas besar, tapi saat di-compile malah error
 Dalam bahasa Pascal terdapat beberapa jenis tipe data yang bisa digunakan untuk sebuah variabel atau konstanta pada program. Tipe Data tersebut antara lain adalah
Tipe Data Deskripsi (range variabel)
Byte angka dari 0 sampai 255
Integer angka dari -32768 to 32767
Real semua nilai pecahan dari 1E-38 to 1E+38
Boolean nilai TRUE atau FALSE
Char semua karakter dari tabel ASCII
String semua huruf, spasi, frase

Contoh program Hello World menggunakan bahasa pascal adalah sebagai berikut:
Program HelloWorld;
begin
   writeln('Hello world');
 
end.
 

Delphi : Bahasa pemrograman under Windows yang diproduksi oleh Borland. Bahasa pemrograman ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Pascal.

ANSI : Bahasa pemrograman Pascal yang standar, standard bahasanya dikeluarkan oleh American Nastional Standard Institute.


Borland : Nama perusahaan software. Produk yang cukup dikenal diantaranya adalah Borland Delphi, Borland C, dsb.

Fungsi / function dalam Turbo Pascal adalah mengelompokkan beberapa instruksi tertentu dalam 1 instruksi yang sering disebut sub-rutin / function. Berguna untuk melakukan penghematan pada jumlah kode program dan praktis dalam melakukan proses perhitungan yang hasilnya ingin digunakan berkali-kali.

Contoh kasus:
Ada berapa bilangan yang habis dibagi 3 (sisa = 0) dalam deret bilangan 1 s/d 20 ?

Jawaban kasus:
Maka fungsi untuk mengecek apakah suatu bilangan habis dibagi 3 dibuat terlebih dahulu. Baru kemudian membuat kode program yang memakai fungsi itu berulang-ulang.

Contoh program kasus:

function CekHabisDibagiTiga(Bilangan: Integer): Boolean;
begin
if (Bilangan mod 3) = 0 then
Result := True
else
Result := 0;

// atau
// Result := (Bilangan mod 3 = 0)
end;

var X : Integer;
Counter : Integer;
begin

Counter := 0;
for X := 1 to 20 do
if CekHabisDibagiTiga(X) = True then
Counter := Counter + 1;
Writeln('Jumlah Bilangan Yang Habis dibagi 3 antara 1 s/d 20 adalah', Counter);

end.

Semoga jelas.

materi referensi:

system developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar